Info Delegasi
Pengadilan Tinggi
Logo Pengadilan Negeri Sampit

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Negeri Sampit

Jalan HM Arsyad No. 36, Mentawa Baru Ketapang Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah 74321

Telp. 0531-21249 / 0531-21008 Email : info@pn-sampit.go.id

Logo Artikel

349 TIM KEMENPAN RB AKAN REKOMENDASIKAN PN SAMPIT RAIH PREDIKAT WBK

:::: SELAMAT DATANG DI SITUS RESMI PENGADILAN NEGERI SAMPIT :::: HATI-HATI TERHADAP PENIPUAN YANG MENGATASNAMAKAN PENGADILAN NEGERI SAMPIT ::::

TIM KEMENPAN RB AKAN REKOMENDASIKAN PN SAMPIT RAIH PREDIKAT WBK

Tim Evaluator Tinjau Langsung Fasilitas Pelayanan

Kamis, 17 Oktober 2019, Tim Evaluator Kemenpan RB mengunjungi Pengadilan Negeri Sampit dalam rangka penilaian Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK). Sebelumnya Tim dari Badan Pusat Statistik telah melakukan Survey di Pengadilan Negeri Sampit, dan Wakil Ketua Pengadilan Negeri Sampit telah melakukan persentasi Zona Integritas di pusat.

Kedatangan Tim Evaluator disambut hangat oleh Ketua Pengadilan Negeri Sampit, Ibu Ninik Hendras Susilowati, Wakil Ketua Pengadilan Negeri Sampit, Bapak A.F. Joko Sutrisno, S.H.,MH, Hakim, Sekretaris, Panitera, dan pegawai struktural maupun fungsional Pengadilan Negeri Sampit.

Saat memasuki gedung Pengadilan Negeri Sampit, Tim Evaluator yang dipimpin oleh Bapak Firmansyah, dan Bapak Novan Kharisma Sulainti, disambut dengan Yel-yel yang diucapkan penuh semangat oleh seluruh Pegawai Negeri Sampit. Kemudian, di ruang loby Tim Evaluator disuguhkan dengan banner layanan dan komitmen Pengadilan Negeri Sampit.

Tim juga berkesempatan langsung melihat pelayanan di Pengadilan Negeri Sampit kepada masyarakat pencari keadilan di PTSP, dan bertanya perihal pelayanan. Kemudian, Tim didampingi oleh pejabat 4 pilar melihat fasilitas di Pengadilan Negeri Sampit seperti Ruang Sidang, Ruang Mediasi, Ruang Tunggu Sidang, dan lain sebagainya.

       

Evaluasi dan Audiensi Tim Evaluator Kemenpan RB

Setelah melihat seluruh fasilitas layanan, Tim Evaluator dipersilakan untuk melakukan Evaluasi dan Audiensi di Ruang Rapat. Dalam sambutannya, Ketua Pengadilan Negeri Sampit, Ibu Ninik Hendras Susilowati, S.H.,M.H mengucapkan terima kasih atas kunjungan Tim Evaluator Kemenpar RB yang telah datang langsung ke Pengadilan Negeri Sampit.

Ia juga menjelaskan tentang keadaan dan wilayah hukum Pengadilan Negeri Sampit, serta memperkenalkan Tim Zona Integritas (ZI). “Kami tunjuk para Hakim sebagai koordinator ZI karena mereka disiapkan menjadi pimpinan di masa mendatang,” ungkapnya.

Ia juga menerangkan perihal proses persidangan di Pengadilan Negeri Sampit yang sudah berjalan sesuai dengan arahan Mahkamah Agung, yaitu menggunakan SIPP dan MISS. Menurutnya, di antara program unggulan Pengadilan Negeri Sampit adalah persidangan keliling yang dikerjasamakan dengan pihak Disdukcapil.

“Kami kirim tim ke Kabupaten Seruyan, ke depan akan dijalin kerjasama dengan pihak kecamatan setempat, agar terwujud pelayanan peradilan dengan biaya ringan bagi masyarakat,” jelasnya. Kemudian, Pengadilan Negeri Sampit juga telah menerapkan Aplikasi Eraterang dan E-Court sesuai arahan dari Pengadilan Tinggi. Menutup sambutan, Ibu Ninik Hendras Susilowati, S.H., menampilkan video profil Pengadilan Negeri Sampit kepada Tim Evaluator Kemenpan RB dan hadirin yang turut hadir.

        

        

Penilaian Tim Evaluator Kemenpan RB

Meski keputusan akhir setelah dilakukan panelis dari Tim Evaluator, kami akan merekomendasikan Pengadilan Negeri Sampit untuk mendapat predikat Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK). Hal tersebut disampaikan oleh Firmansyah, Tim Evaluator WBK Kemenpan RB saat mengunjungi Pengadilan Negeri Sampit, Kamis1 7 Oktober 2019.

Kunjungan Tim Evaluator Kemenpan bertujuan untuk mempercepat pelaksanaan Reformasi Birokrasi (RB) agar masyarakat bisa cepat menikmati hasilnya. “Kalau sudah terwujud, nantinya perubahan pelayanan di pengadilan ini akan bisa dinikmati oleh masyarakat,” seru Ketua Tim Evaluator Kemenpar RB, Firmansyah.

Setelah melihat secara langsung fasilitas pelayanan yang ada, kata Firmansyah, kami melihat upaya yang dilakukan Pengadilan Negeri Sampit dalam meningkatkan integritas pelayanan. “Pelayanan di Pengadilan Negeri Sampit sudah baik, di mana saat masyarakat datang disambut dengan ramah, dan diarahkan untuk mendapat pelayanan melalui PTSP,” ungkapnya. Kemudian, ia juga mengapresiasi adanya e-Survey yang disediakan di ruang pelayanan, di mana setelah masyarakat mendapat layanan bisa langsung memberikan penilaiannya.

Firmansyah mengungkapkan, yang menjadi penilaian di antaranya adalah komitmen, kemudahan pelayanan, dan program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. “Rencana MoU dengan pihak kecamatan untuk memberikan pelayanan sidang keliling itu bagu sekali. Kita ubah pandangan buruk pada pengadilan dengan cara memberikan pelayanan semakin dekat kepada masyarakat,” tuturnya.

Terakhir, menurutnya, yang tidak luput dari perhatian adalah lingkungan kantor nampak bersih dan rapi sehingga memberi kenyamanan bagi masyarakat dan energi positif bagi pegawai. Diketahui, Tim Evaluator Kemenpan RB didampingi oleh Mahkamah Agung RI dan Hakim Tinggi Kalimantan Tengah, hingga acara berjalan khidmat dan lancar.

       

       


Sistem Informasi Penelusuran Perkara

SIPPAplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Lebih Lanjut

Pencarian Dokumen Putusan di Direktori Putusan Mahkamah Agung

DirPutPencarian cepat Dokumen Putusan di Database Direktori Putusan Mahkamah Agung Agung Republik Indonesia

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

DJIHPencarian cepat peraturan dan kebijakan dalam Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia

 


Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas